Kamis, 29 September 2016

Wisata Pantai di Tasikmalaya

1. Pantai Cipatujah


Salah satu pantai yang eksotis tidak jarang disinggung di pantai selatan Jawa Barat ialah Pantai Cipatujah, Tasikmalaya. Dengan bentang pantai yang memanjang serta lebar kurang lebih sekitar 115 hektare. Cipatujah mempunyai potensi yang besar untuk wisata pantai. Seperti rata-rata pada pantai selatan Pulau Jawa yang berhadapan dengan Samudera Hindia, Pantai Cipatujah mempunyai gelombang-gelombang ombak yang sangat besar. Pantainya yang sangat landai terhampar sedemikian luasnya sampai ujung pandangan, bersama vegetasi khas pantai berpasir seperti pohon nyiur, rumput angin, dan tapak kambing.

Terletak kira kira 74km dari pusat kota Tasikmalaya dan 179km dari Bandung, Pantai Cipatujah menaruh potensi yang lain, ialah pasir besi. Pantai ini juga mempunyai ketajiran terumbu karang dan jadi tempat favorit ikan untuk bertelur. Olehkarena itu, nelayan dan masyarakat setempat menolak penambangan pasir besi di pantai ini sebab mereka khawatir habitat ikan dan lingkungan di pantai ini rusak. 
Luasnya pantai ini membuat wisatawan leluasa untuk bermain dan bercengkrama di sekitar pantai. Tidak heran apabila penduduk dan wisatawan memanfaatkannya buat berbagai macam kegiatan, seperti berolahraga, berjemur, makan-makan dengan keluarga, atau hanya sekedar memancing ikan di muara sungai.

2. Pantai Sindangkerta


Pantai Sindangkerta berlokasi di Desa Cipatujuh Kecamatan Cipatujuh Tasikmalaya berjarak kurang lebih 3km dari Pantai Cipatujah.
Di Pantai ini terdapat hamparan karang dan rimbunnya pepohonan menambah keindahan alam di sekitar pantai. Terdapat juga area berenang dan tempat untuk sekedar bersantai, makan-makan, sambil menikmati keindahan pantai. Apabila anda mengunjungi tempat ini terdapat penangkaran penyu yang bisa anda ekspose lebih luas lagi.

3. Pantai Pamayangsari


Pantai Pamayangsari berlokasi di Desa Cikawungading Kecamatan Cipatujah Tasikmalaya berjarak kurang lebih 2km dari Pantai Sindangkerta. Pantai ini mempunyai ciri khas dengan ombak pantai yang landai yang bercampur dengan panorama pesisir yang begitu khas.

Pantai ini juga letaknya berdekatan dengan lokasi balai konservasi penyu hijau, Penyu hijau merupakan binatang yang langka dan di lindungi dengan begitu setelah mengunjungi pantai tersebut alangkah baiknya di lanjutkan dengan mengunjungi penangkaran penyu hijau dan melihat kegiatan di penangkaran tersebut.
Di pantai ini juga terdapat pelelangan ikan karena sebagian besar penduduk di sini bermata pencaharian sebagai nelayan. Banyak terdapat perahu nelayan juga yang bersandar dipinggir pantai sehingga bisa kita jadikan sebagai objek foto yang cukup menarik.

 4. Pantai Karangtawulan


Pantai Karangtawulan berlokasi di Cilembang Kecamatan Cihideung Tasikmalaya berjarak kurang lebih 17km dari Pantai Pamayangsari. Pantai ini berada di perbatasan antara kedua kabupaten yaitu Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis.

Pemandangan yang di suguhkan di Pantai ini sangat menarik mulai dari hamparan karang, pulau yang berada di tengah pantai, juga sisi pantai yang berbukit. Bagi anda traveler sejati pastinya pantai ini terlihat begitu menarik karena selain pantainya yang masih alami dan bersih juga sangat bagus untuk di jadikan objek liburan, berfoto bersama keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar